Saturday, July 22, 2017

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP TINGKAT KESENJANGAN SOSIAL

http://corneey.com/qNEsMr

Kesenjangan sosial merupakan sesuatu yang menjadi pekerjaan bagi pemerintah yang butuh perhatian yang lebih. Kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan yang sangat mecolok. Atau dapat juga diartikan suatu keadaan dimana orang kaya mempunyai kedudukan lebih tinggi dan lebih berkuasa dari pada orang miskin. 
        
 Kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat sangatlah mencolok dan makin memprihatinkan yang perlu di bahas serta dicari penyebab-penyebab terjadinya suatu kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial yang muncul dalam masyarakat perlunya sebuah keberanian dalam pengungkapanpannya. 
       
   Apa yang menyebabkan hal tersebut? Hal tersebut juga disebabkan oleh adanya pengaruh globalisasi . Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Dengan adanya globalisasi inilah yang membawa masyarakat pada sikap materialisme. 
        
  Sikap materialisme dapat diartikan sebagai pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu yang termasuk kehidupan manusia di dalam alam kebendaan semata, dengan mengesampingkan segala sesuatu yang mengatasi alam indra. Sementara itu, orang-orang yang hidupnya berorientasi kepada materi disebut sebagai materialistis. Sikap materialisme mempunyai ciri antara lain, yaitu:

          a. Diskriminatif adalah sikap seseorang yang membeda-bedakan atau meninggirendahkan orang lain berdasarkan keadaan ekonomi, suku, dan biologis. 
         b. Pelit atau kikir adalah sikap seseorang yang tidak mau rugi atau sulit untuk mengeluarkan atau memberi sesuatu kepada sesamanya yang membutuhkan tanpa alasan yang jelas.
      c. Mudah merendahkan atau meremehkan segala yang bersifat keagamaan atau moralitas dalam ucapan dan tindakan nyata.
       d. Mengukur reladi atau pergaulan hanya dari sisi untung dan rugi, tanpa mau berkorban bagi orang lain. 
            
     Dengan adanya sikap materialisme inilah yang dapat memicu terjadinya kesenjangan sosial yang ada di Indonesia.beberapa usaha untuk menghindari dan mengatasi sikap materialism ini, yaitu: 
          a. Mengetahui pemahaman mengenai materialisme dan dampak negatifnya Jauhkan rasa iri terhadap harta milik orang lain.
      b. Bersyukur atas segala hal yang kita dapat dan kita miliki dalam hidup kita, meskipun apa yang kita dapatkan tersebut belum memenuhi keinginan/harapan kita. 
         c. Memperdalam ajaran agama untuk menguatkan iman dan hati nurani.
   d. Menerima diri apa adanya. Selain cara untuk menghindari diri sikap materialisme.

Harus adanya upaya pemerintah dalam mengatasi kesenjangan sosial yang telah ada. Upaya-upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk pemecahan masalah kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia: 
1. Meminimalis (KKN) dan memberantas korupsi dalam upaya meningkatan kesejahteraan masyarakat.
2. Meningkatkan system keadilan di Indonesia serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap mafia hukum.




 Jadi, globalisasi mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan sosial masyarakat pada saat ini, seharusnya kita harus lebih selektif bertindak maupun bersikap di era globalisasi.





















No comments:

Post a Comment

Tamu yang baik meninggalkan kesan yang baik dan juga menginspirasi :D

Cara Membuat Lakse

http://dataurbia.com/PBy CARA MEMBUAT LAKSE BAHAN:   500 gram tepung beras kualitas baik 700 ml air 1/2 sdt garam 400 gram t...